Selasa, 17 Agustus 2010

Mencoba ngelapak di bulan penuh berkah

Berjualan memang selalu ada masa pasang surut. Adakala mengalami kondisi yang bener2 laris hingga sering kehabisan stok. Adakalanya pula penurunan penjualan terjadi. Itulah dinamika perdagangan yang harus dilalui oleh setiap pelaku dagang.
Dua bulan terakhir tingkat penjualan sandal memang mengalami penurunan. Pasar seolah sepi dan sangat tidak bersahabat. Dari survey yang saya lakukan ke jaringan di bawah mengatakan jika penurunan ini cenderung disebabkan oleh 2 hal. Pertama karena momen liburan anak sekolah, sebagian alokasi anggaran masyarakat adalah untuk program liburan bersama keluarga. Dan yang kedua adalah momen tahun ajaran baru yang juga membuat masyarakat umum konsentrasi pada biaya pendaftaran sekolah putra-putrinya, biaya daftar ulang dan biaya2 untuk keperluan sekolah.

Hal yang wajar jika dalam beberapa segmen pasar ada yg sepi dan ada yang rame. Jika jualan saya sepi di bulan2 terakhir ini, pasti yang jualan alat2 sekolah, seragam, dan tempat wisata sedamg rame2nya. Allah memang begitu adil memberikan rejeki pada setiap umatnya.
Tapi action harus tetap jalan, kondisi ini tidak lantas membuat saya menjadi pesimis dalam berjualan. Live must go on. Saya mencoba berpikir positif aja, mungkin Allah sedang memberikan kesempatan saya untuk memperbaiki sistem, mandata ulang stok yang sempat semrawut dan ada kesempatan untuk merapikan pembukuan.
Di bulan puasa yang berkah ini, saya dan tim mencoba untuk tetap eksis. Memanfaatkan bulan berkah ini sebagai peluang baru, saya membuat promo dalam bentuk PARCEL untuk min pembelian. Promo ini saya mulai di tanggal 16 Agustus hingga lebaran nanti. 100 paket parcel sudah saya siapkan untuk itu. Tim produksi yang sedang banyak waktu juga turut membantu tim marketing untuk ngelapak di beberapa pusat keramaian. Mendatangi basar pasar murah Ramadhan dan berjaualan di sana.
Semoga usaha2 yang kami lakukan ini bisa membawa hasil yang baik. Tunggu saja posting untuk cerita usaha saya berikutnya.

Sent from my Berry®

Entri Populer

 
Blogger Templates