Selasa, 26 Januari 2010

Menyongsong masa depan hakiki

Sering terucap, terdengar dan dibicarakan tentang "masa depan". Aku ingin punya masa depan yang cerah, aku ingin masa depan anak2ku kelak sukses. Aku ingin mesa depan yang begini..begitu..
Pernah terpikirkah oleh kita, apa itu masa depan?
Dulu saat SD masa depan adalah kelak kita lulus, masuk SMP favorit, lulus, masuk SMU favorit, lulus, masuk perguruan tinggi yang sesuai dengan cita-cita kita, lulus kuliah dengan nilai cumlaude. Semua keluarga dan kerabat merayakannya dengan cuka cita.
Di saat telah Lulus kuliah dan wisuda, ternyata masa depan bukan di sini, belum juga dapet pekerjaan dan menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk kelanjutan hidup. Akhirnya kita berusaha kembali meraih masa depan yang selalu diimpikan, bisa bekerja di perusahaan bonafid, gaji besar, punya rumah, punya mobil. Apakah ini masa depan yang kita cita-citakan?
Ternyata belum juga cukup. Untuk apa semua yang sudah kita dapatkan bila kita tidak memiliki keluarga, memiliki seorang suami atau istri untuk kemudian kita dapat memiliki keturunan. Sebuah keluarga yang utuh tentu akan menambah dan menghiasi masa depan yang kita impikan.
Lantas, apakah ini masa depan? aha...ternyata masa depan itu selalu apa yang kita bayangkan di waktu yang akan datang, bukan hari ini, bukan saat ini. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, masa depan akan kita lalui, tanpa kita bisa memilih apakah yang akan kita lalui itu baik atau buruk, sedih atau gembira, miskin atau kaya.
Artinya, kejadian yang menimpa kita saat ini adalah masa depan kita di masa yang lalu.
Dan Masa depan yang hakiki adalah tujuan akhir hidup kita. Sudahklah kita melakukan sesuatu untuk menggapai masa depan yang hakiki? Kehidupan akhirat yang semua orang akan mencapai kehidupan ini.
Hiduplah untuk masa depan hakikimu, bukan masa depan dunia yang tak akan habis meski sebesar usaha apapun kita ingin meraihnya.
Hidup untuk masa depan hakiki akan membuat kita selalu terdorong untuk manjadi manusia yang bisa bermanfaat bagi orang lain.
Hidup untuk masa depan hakiki membuat kita selalu semangat dalam beribadah
Hidup untuk masa depan hakiki membuat kita selalu ikhlas dalam menghadapi cobaan hidup, semua akan kita lakukan hanya karena ingin mencapai ridho Allah SWT.
Hidup untuk masa depan hakiki membuat kita bisa mencintai suami, anak dan sanak saudara kita dengan hati yang tulus. Cinta yang kita rasakan hanya karena kita sangat mencintai Allah SWT.
Sungguh Allah sangat menganugerahi kita kehidupan yang sempurna di dunia ini. Masihkah kita akan menyia-nyiakan waktu kita untuk berbuat keegoisan, kesombongan, emosi yang tak berujung, yang sama sekali tidak memberikan implikasi yang bermanfaat untuk kehidupan masa depan hakiki yang kita impikan.

Entri Populer

 
Blogger Templates