Rabu, 10 September 2014

Pasar dalam Bisnis

Hari ini aku menemui sahabat lamaku, seorang pengusaha salon muslimah yang juga memiliki beberapa bisnis sambilan lainnya. Sejak bbrp hari sebelumnya aku memang sdh berencana untuk bersilaturahmi. Janjian sehari sebelumnya akhirnya aku bisa menemuinya di salonnya di kawasan gayung kebonsari Surabaya. Seperti biasa jika bertemu kami selalu share tentang apapun, bisnis, peluang, keluarga atau makanan..selalu seru.

Yang menarik dalam pembicaraan kami kali ini adalah soal topik “Market”.  Sejatinya bisnis apapun yang mau dijalani langkah awal yang perlu dibangun adalah pasar.  Ketika kita memiliki ide bisnis, harus sangat kita perhatikan seberapa besar kira2 nantinya pasar bisa menyerap produk bisnis yang kita tawarkan. Jangan kita terkecoh oleh idealisme bahwa produk kita adalah produk bagus dan bermanfaat semata. Bagus dan bermanfaat itu sangat relatif, karena bagus dan sempurna bagi kita belum tentu akan sama penilaiannya bagi orang lain. Jadi runtutannya setelah kita punya ide bisnis, segera survey pasarnya, jika bagus segera ciptakan pasar, dan setelah pasar terbentuk barulah kita konsentrasi ke produk.
Begitu dahsyatnya kekuatan pasar. Ketika pasar sdh bisa menerima produk kita dan kepercayaan dari pasar sudah tumbuh, maka kemudian hari produk apapun yang akan kita buat akan lebih mudah untuk dipasarkan.
Lantas bagaimana memulai menciptakan pasar untuk bisnis online? Nah ini nih yang menarik. Kita bisa memulainya dengan media sosial media seperti facebook, twitter, komunitas online dan iklan. Syaratnya adalah kita harus “konsisten”. Jangan mudah lelah dan putus asa dalam memperkenalkan produk yang kita tawarkan.

Alhamdulillah..hari ini mendapat ilmu tips dan trik untuk memulai menciptakan pasar, yang kalo aku paparkan di sini akan sangat puanjang ceritanya, hehehe...
Yang paling penting adalah KONSISTEN alias Istiqomah, jangan menyerah..semangat semangat semangat !!

Entri Populer

 
Blogger Templates