Rabu, 13 Agustus 2008

TDA Surabaya...bersama Ning Harmanto














Hari sabtu, 9 agustus 2008 kemarin TDA surabaya kadatangan tamu penting ( ceileehh..) Ibu Ning Hermanto bersama suami (TDA Jakarta) dan Pak Bambang bersama istri (TDA Yogyakarta). Ibu Ning harmanto adalah seorang pengusaha dan pencetus produk herbal mahkota dewa. Orangnya asik banget, ngocol tapi serius. Suasana bener-bener dibuat hidup oleh beliau. Pipiku sampe ngilu krn kebanyakan ketawa,..hehe…. Banyak banget pengalaman berharga yang di share kepada kita2 yang pemula. Makasih banyak bu Ning, akan saya jadikan sebagai motivasi dalam perjalanan usaha saya yang penuh dengan liku2 ini ( weh…kok jd sedih nih..). Sayapun sempat bertanya gimana solusi praktis bila ada persaingan dalam usaha? Beliau dengan smart menjawab dan menerangkan dengan gambling. Beliau memiliki kiat dan resep untuk bias tahan terhadap jenis masalah2 seperti ini, yaitu dengan berpedoman pada jangan SKM, Apakah itu?


jangan Sakit hati, kira-kira saya artikan bahwa dengan adanya persaingan, janganlah membuat kita menjadi merasa tersaingi lantas kita menjadi sakit hati. Biarkan saja pesaing-pesaing itu tumbuh di sekeliling kita. Justru dengan adanya pesaing tersebut, akan membuat kita termotivasi untuk menciptakan hal-hal baru yang inovatif dalam mengembangkan usaha. Coba andai kita tidak punya hambatan dalam berusaha, pasti kita akan santai2 saja. Semua keadaan yang ada memang harus kita jalani, nikmati dan syukuri. Karena setiap peristiwa selalu ada hikmah tersembunyi.

jangan Kecewa, kira-kira saya artikan bahwa dalam berusaha pasti kita memiliki target2 tertentu, nah bila dalam kurun waktu tertentu target yang kita maksud belum juga tercapai, janganlah kita terus merasa kecewa. Jadikan kegagalan sebagai cambuk supaya kita bias terus berlari menuju keberhasilan. Selalu introspeksi apa yang salah hingga kita mengalami kegagalan. Sungguh kegagalan itu sebenarnya adalah modal yang sangat penting bagi pembelajaran kita.


jangan Marah, kira-kira kl yang ini saya artikan begini. Apapun batu locatan yang kita hadapi dalam berusaha, janganlah kita sikapi dengan marah2. Seorang Pengusaha yang sukses harus pandai mengelola emosi. Karena kunci keberhasilan seorang entrepreneur adalah pada kecerdasa emosinya yang didukung oleh kecerdasan intelektual dan kecerdasan sosial.

Ada juga yang menarik yang dikatakan oleh Pak Harmanto, dalam memulai suatu hubungan kerjasama dengan orang lain dalam menjalankan usaha, kita harus berpedoman pada 5F :
  1. Fun , hubungan perkenalan yang diawali dengan obrolan2 yang menyenangkan, tidak menjurus pada sesuatu yang serius, dan selalu nyambung di setiap topic pembicaraan.
  2. Feeling , bila sudah nyambung kita akan merasa feeling dan cocok dengan rekan yang baru kita kenal tersebut.. Di sini akan timbul perasaan saling percaya satu sama lain. Yang pada akhirnya masing2 memiliki ide untuk menjalin kerjasama dalam usaha
  3. Fight, rasa kepercayaan yang sudah timbul dalam suatu hubungan bisa membawa kita untuk menyatukan ide2 briliant. Di sini akan muncul rasa ingin menyatukan atau berkolaborasi usaha yang dimiliki.
  4. Future, Tak jarang hubungan yang sudah baik akan membuat kita berfikir agar hubungan baik yang sudah terjalin bisa bertahan hingga waktu yang tak terhingga atau terus terjalin selamanya. Salah satu contohnya ya dengan menyatukan usaha bersama atau dengan kata lain menjalin kerja sama dalam urusan bisnis.
  5. Financial, pada akhirnya hubungan baik yang telah tercipta akan membawa rejeki pada masing2 pihak yang terlibat .
Yang penting dalam 5F ini adalah kita perlu menekankan bahwa untuk memulai suatu hubungan kerjasama jangan hanya melihat dari segi keuntungan secara fisik saja, kerana ternyata unsur bathin dan jalinan silaturahmi bisa membawa kita pada keuntungan fisik tersebut.
Hal inipun sempat dipertegas oleh pak Bambang. Beliau sangat menghimbau untuk banyak2 bersilaturahmi seperti yang selalu dilakukannya. Keliling ke TDA daerah2 membuatnya merasa TDA adalah sebuah wadah yang sangat luar biasa yang belum pernah beliau dapatkan pada organisasi/komunitas lain.
Nggak terasa waktu udah jam 22.00 , sesi pertanyaan dan jawaban sudah selesai, InsyaAllah pertemuan ini banyak membawa manfaat pada kita semuaa. Amin.
Akhirnya kami berfoto2 dulu sebelum bubar…..



Entri Populer

 
Blogger Templates